Sunday, September 02, 2007,8:53 PM
Liputan SPSH

KETIKA API BERTEMU API UNTUK

BERSINERGI POSITIF

(PELAKSANAAN SPSH NUSANTARA 2007 DI PROVINSI

JAWA BARAT)



Majelis Buddhayana Indonesia Provinsi Jawa Barat (MBI Jabar) pada tahun ini kembali menyelenggarakan kegiatan Sejuta Pelita Sejuta Harapan (SPSH) Nusantara yang berlangsung di Monumen Bandung Lautan Api, Tegallega, Bandung. Berbeda dengan penyelenggaraan tahun 2006 lalu yang lebih bersifat intern dan dipusatkan di Vihara Sakyawanaram, Pacet. Pada tahun ini penyelenggaraan SPSH Jawa Barat di Kota Bandung bersifat lebih terbuka.

Semua majelis yang ada di Jawa Barat turut hadir dan meramaikan acara ini. Undangan dimasukkan dalam suara pembaca harian Kompas Edisi Jawa Barat pada hari Kamis, 2 Agustus 2007, sedangkan pada Harian Umum Pikiran Rakyat yang merupakan media cetak terbesar di Jawa Barat, panitia mengikat kerja sama sponsorship, sehingga pada hari Jumat, 3 Agustus 2007 masuk dalam kolom Info Kita dan hari Sabtu, 4 Agustus 2007 masuk dalam salah satu iklan harian tersebut.

Kegiatan SPSH Nusantara 2007 Jabar ini tidak hanya dihadiri oleh umat Buddha dan tokoh-tokoh Buddhis dari kota Bandung saja, tetapi juga dari berbagai kota dan daerah di Jawa Barat yang perkiraannya mencapai sekitar 2000 umat, terlihat umat mulai dari kota Cianjur, Pacet, Bogor, Garut, Bekasi, Rengasdengklok, Cikampek, Karawang, Purwakarta, sampai bagian timur Jawa Barat seperti Indramayu turut hadir pada acara ini. Selain acara, hadirin juga bisa menikmati aneka makanan dan minuman yang dijajakan di bazaar, mulai dari makanan ringan, kue-kue, sampai masakan makanan berat. Peserta bazaar tersebut selain dari beberapa vihara di Bandung, ada juga perorangan bahkan perusahaan dan rumah makan yang turut meramaikan acara ini.

Acara SPSH dimulai pukul 18.30 WIB dengan Ritual Puja Bakti Asadha yang dipimpin oleh Romo Marji Viryananda dari Cikampek dan dengan dituntun oleh Para Bikkkhu Sangha yang berjumlah 12 orang anggota Sangha, diantaranya adalah Y.A. Sasanarakkhita Mahasthavira, Y.A. Dharmamurti Mahasthavira, dan Y.A. Lama Dharmavajra Sthavira.

Setelah prosesi kebaktian Asadha selesai, dilanjutkan penyambutan tamu undangan dengan atraksi Barongsai dan disusul dengan pembukaan oleh MC. Sebagai acara pertama ditampilkan acara khas daerah Jawa Barat yaitu Angklung. Setelah itu Lagu Indonesia Raya dinyanyikan bersama seluruh peserta acara, berikutnya adalah sambutan-sambutan oleh Ketua MBI Provinsi Jawa Barat Romo Setiawan Pryana, Bpk. Edij Djuangari sebagai Ketua V Pengurus Pusat (PP) MBI, dan Y.A. Sasanarakkhita Mahasthavira. Serta sambutan Gubernur yang diwakili oleh Pembimas Buddha Jawa Barat yaitu Bpk. Parjo Darmo Suwito.

Tarian prosesi “Chant of Metta” dari KMB Unpar membuka lanjutan acara, kemudian disusul dengan penyalaan pelita secara simbolis oleh anggota Sangha, Pembimas Buddha, PP MBI, dan MBI Jabar sendiri. Cerita nenek tua yang mempersembahkan pelita bagi Buddha Gautama menjadi bahan renungan yang mengiringi penyalaan pelita Sepuluh ribu pelita di gelas dan ditambah dua ribu pelita kecil ditangan para umat yang hadir dinyalakan pada SPSH Jabar ini Puncak acara berupa Doa bagi Keselamatan Bangsa dan Negara yang dipimpin oleh anggota Sangha Y.A. Lama Dharmavajra Sthavira. Acara yang tidak kalah menarik adalah acara-acara kesenian , seperti KMB Unpad yang menampilkan Paduan Suara dengan lagu “Ehipassiko” dan “We’re Family”. Gelanggang Anak Buddhis Indonesia (GABI) mengisi acara kesenian. GABI Vihara Bhumi Parsija - Cianjur menampilkan tarian Cahaya, sedangkan GABI Vihara Vesantara – Bekasi menampilkan Band Bangkas (musik yang dimainkan dari berbagai barang bekas). Tak ketinggalan pula persembahan dari GABI Vidyasagara VVD yang memadukan nyanyian dengan tarian yang tampil dengan menggemaskan. Acara ditutup pada pukul 9 dengan atraksi 2 barongsai yang bermain akrobatik.

Dalam acara ini selain media cetak yang memasukkan berita liputan pada keesokkan harinya seperti pada Harian Umum Pikiran Rakyat, Galamedia, dan Tribun Jabar, juga ada media elektronik berupa stasiun televisi lokal yaitu Bandung TV juga meliput dan menjadikannya berita pada acara Seputar Bandung Raya.

Oleh: Hermanto Jayawardhana

(Ketua SPSH Nusantara 2007)


Labels:

 
posted by Vihara Vimala Dharma | Permalink |


0 Comments: