Wednesday, December 05, 2007,12:34 AM
Liputan Hari Kathina

Hari minggu tanggal 28 oktober, VVD mengadakan acara Puja Bakti Kathina 2551 BE 2007 yang dimulai pada pukul 09.00 pagi. Para tamu yang datang disambut para usher yang dengan ramah dan penuh senyum mengantar ke tempat kebaktian, serta membantu para orang tua menempati posisinya. Jumlah peserta kebaktian yang hadir sangat banyak dan sangat menyenangkan seramai ini kebaktian bersama-sama.

Dengan Kevin Tanadi dan Susan sebagai MC, maka dimulailah acara Kebaktian Kathina. Sebelumnya, seperti biasa para peserta kebaktian diingatkan untuk mengisi tempat di depan terlebih dahulu, bagi peserta yang membawa handphone untuk menon-aktifkan atau mensilentkan handphonenya selama acara puja bakti berlangsung, dan agar peserta tidak meletakkan buku kebaktian di lantai.

Para anggota Sangha memasuki ruangan baktisala. Para pesertapun berdiri dan memberikan penghormatan. Setelah anggota Sangha menempati posisi, pemimpin kebaktian menyalakan lilin dan dupa, dilanjutkan penyalaan lilin panca warna oleh anggota Sangha. Lilin panca warna melambangkan: biru berarti bakti, kuning berarti kebijaksanaan, merah berarti cinta kasih, putih berarti kesucian dan jingga berarti semangat.

Kebaktian dimulai dengan pemanjatan Namaskara Gatha. Kemudian persembahan (puja) untuk anggota Sangha yang dipersembahkan oleh perwakilan dari Persamuhan umat VVD, anggota MBI, WBI, PVVD, GABI, dll. Selanjutnya permohonan tuntunan tisarana dan pancasila kepada anggota sangha. Kemudian para peserta memanjatan paritta-paritta Buddhanussati, Dhammanussati, Sanghanussati dan Pattumodana. Ber-Meditasi sejenak dan akhirnya kita tiba pada acara puncaknya.

Persembahan dana kepada anggota sangha, diiringi oleh vocal grup PVVD. Masing-masing peserta satu per satu melakukan persembahan dana dengan tertib. Acara ini berlangsung sekitar satu setengah jam.

Selanjutnya Dhammadesana oleh anggota Sangha. Pada hari Kathina kita telah mempraktekkan Dhamma. Kemudian pemberkahan air suci dari anggota Sangha, pemanjatan paritta Ettavata, dan anggota Sangha meninggalkan ruangan baktisala. Para peserta berdiri dan memberikan penghormatan.

Acara terakhir adalah acara hiburan yaitu persembahan lagu Buddhis dari Vocal Group PVVD. Selanjutnya saudari Candani mersembahkan lagu Buddhis dari albumnya sendiri. Kemudian para peserta bersama Vocal Group PVVD dan MC menyanyikan Vihara Gita Namaskara. Akhirnya acara kebaktianpun berakhir. Para peserta dipersilahkan mencicipi makanan vegetarian oleh para usher dan setelah makan bersama, para peserta pulang dengan rasa puas.

Labels:

 
posted by Vihara Vimala Dharma | Permalink |


0 Comments: