Thursday, December 06, 2007,12:36 AM

Hmmm… hujan lagi. Bagian dapur dan ruang makan bocor lagi. Air yang masuk dari asbes yang bocor tidak banyak, namun membuat lantai jadi licin dan lama-lama kayu penyangga asbes akan lapuk.

Agar tidak makin parah, tentu harus diperbaiki. Maka dicarilah tukang yang bisa memperbaiki. Sambil menyelam, minum air. Bukan hanya memperbaiki bagian yang bocor, sekalian saja dibeton dan di atasnya dibuat 2 kamar kecil. Persiapan untuk si kecil yang mulai harus tidur terpisah. Hal ini sudah lama dipikirkan, namun terbentur biaya.

Penulis rasa inilah saat yang tepat. Maka mulailah menghubungi tukang. Bicara soal upah tukang, ada 2 pilihan yang ditawarkan. Pertama, upah harian, kedua upah borongan. Sama dengan hal-hal lain di dunia, selalu ada plus minus pada setiap pilihan.

Pilih upah harian: kerjanya rapi, tapi lambat. Upah borongan: cepat selesai tapi hasil tidak bagus. Solusinya? Pilih salah satu tetapi kerja tukang harus dikontrol (baca: kita beri arahan). Kita yang harus aktif memberi instruksi dan komplain bila ada hasil kerjanya yang tidak sesuai.

Inilah yang selalu terjadi di dunia. Ada 2 hal yang bertolak belakang: suka duka, miskin kaya, hujan panas, dan lain-lain. Hal umum yang terjadi dan kembali terlintas di pikiran penulis kala hujan turun setiap sore.

Bukan saja realita 2 hal bertolak belakang tadi yang kembali “diingatkan” oleh turunnya hujan. Juga realita bahwa di dunia ini, tidak ada yang kekal (anicca), dan realita bahwa manusia selalu butuh kontrol.

Kayu yang terkena tetesan air akan lapuk, tubuh kita juga mengalami hal yang sama. Juga soal kontrol. Pemerintah harus dikontrol oleh masyarakat, karyawan butuh kontrol atasan, kita juga perlu diingatkan sahabat kita agar tetap berada di jalur. Tanpa kontrol, sering kali kita keluar jalur, kebablasan.

Labels: ,

 
posted by Vihara Vimala Dharma | Permalink |


1 Comments:


  • At 5:01 AM, Blogger Unknown

    Happy to find this Blog...

    Happy to know vimala Dharma still strong as before maybe more...will contribute more to this blog...